Akhir Zaman

Akhir Zaman, Siapakah Mereka Yang Asing Itu?

hukum-shalat-sambil-memenjamkan-mata

Oleh : Dzulqarnain

Salah satu tanda akhir zaman Islam akan menjadi sesuatu yang asing sebagaimana awal kedatangannya.

Dalam kitab shahih disebutkan dari hadits al A’masy, dari Abu Ishaq, dari Abu al Ahwash, dari Abdullah bin Mas’ud, ia mengatakan, bahwa Rasulullah shallallahu’alaihi wasallam pernah bersabda:

“Sesungguhnya Islam itu berawal dengan kondisi asing dan akan kembali menjadi asing sebagaimana awal kedatangannya. Oleh karena itu, beruntunglah bagi orang-orang yang dianggap asing. ” Ditanyakan, “Lalu siapakah orang-orang yang berada dalam kondisi terasing itu?” Beliau menjawab, “ An Nazaih (orang-orang yang jauh) dari mengagung-agungkan kesukuan. ”

Diriwayatkan pula oleh Ibnu Majah dari Jalur Anas dan Abu Hurairah.

Kata thuba dalam hadits di atas bermakna baik dan bagus, serta merupakan penafsiran dari kata surga dan pohon yang berada di surga.

Sedangkan kata an nazaih dalam riwayat Ibnu Majah diungkapkan dengan redaksi an nazza, yakni, yang dimaksud dengan orang-orang asing di sini adalah mereka yang sengaja meninggalkan keluarga dan kerabat demi mencari keridhaan Allah.

Syaikh Abdullah Abu Faruq menjelaskan mengenai Al-Ghuroba, yakni salah satu ciri yang mencolok bagi mereka yaitu siapa saja yang menjadikan kalimat Laa Ilaha Ilallah sebagai konsep hidup bagi mereka dengan keyakinan, perkataan, amalan, dakwah dan jihad.

Mereka hidup di atasnya dan mati di jalannya. Kepada kalimat tersebut mereka menyeru (dakwah), dan di atas kalimat tersebut mereka berperang. Mereka-lah muslimun muwahhidun, mereka-lah ghuroba’ sama saja apakah mereka adalah individu ataukah jama’ah-jama’ah yang ada di penjuru negeri.

Wallahu’alam bis showab!

Total Views: 1089 ,

Latest News

To Top