Akhir Zaman

Akhir Zaman, Kembalilah Kepada Jama’ah

khalifah

Oleh : Dzulqarnain

Salah satu tanda akhir zaman yang dikabarkan oleh Rosulullah SAW., adalah munculnya fitnah yang akan memecah belah umat Islam dan orang-oang yang akan selamat dari fitnah tersebut adalah oang-orang yang berpegang teguh pada jama’ah dan imam mereka.

Diriwayatkan oleh Abu Dawud, dari Khalid, dari Muhammad bin Amru.
Ia (Ibnu Majah) berkata, ‘Amru bin Utsman bin Sa’id bin Katsir bin Dinar al Humashi meriwayatkan kepada kami dari Iyad bin Yusuf, dari Shafwan bin Amru, dari Rasyidin bin Sa’ad dari Auf bin Malik, ia mengatakan, bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam pernah bersabda:

“Orang-orang Yahudi terpecah menjadi tujuh puluh satu kelompok, dimana satu kelompok berada di dalam surga dan tujuh puluh kelompok lainnya berada di neraka. Orang-orang Nasrani terpecah menjadi tujuh puluh dua kelompok, dimana tujuh puluh satu kelompok berada di neraka. Sedangkan satu kelompok sisanya berada di surga. Demi Dzat yang jiwaku berada dalam genggaman tangan-Nya, sungguh umatku akan terpecah menjadi tujuh puluh tiga kelompok, dimana satu kelompok berada di surga dan tujuh puluh dua kelompok akan dimasukkan ke dalam neraka.” Ditanyakan, “Wahai Rasulullah, siapakah mereka yang selamat itu?” Rasulullah menjawab, “Jama’ah”

Ibnu Majah hanya sendiri dalam meriwayatkan redaksi ini dengan sanad yang tidak bermasalah.

Ibnu Majah juga berkata, bahwa Hisyam (Ibnu Amir) meriwayatkan kepada kami dari al Walid bin Muslim, dari Abu Amru, dari Qatadah, dari Anas bin Malik, ia mengatakan, bahwa Rasulullah shallallahu’alaihi wasallam pernah bersabda :

“Sesungguhnya Bani Israil terpecah menjadi tujuh puluh satu kelompok dan umatku akan terpecah menjadi tujuh puluh dua kelompok, dimana semuanya berada di neraka kecuali satu kelompok.”

Sanadnya bagus dan kuat atas persyaratan dari pemilik kitab ash Shahih, serta Ibnu Majah juga sendirian dalam meriwayatkan redaksi hadits ini.

Telah diriwayatkan oleh Abu Dawud dari hadits al Auza’i, dari Qatadah, dari Anas dan Abu Sa’id, dimana keduanya mengatakan, bahwa Rasulullah shallallahu’alaihi wasallam pernah bersabda :

“Akan terjadi perselisihan dan perpecahan dalam tubuh umatku, serta akan ada golongan yang baik kata-katanya, akan tetapi buruk perbuatannya.” [al Hadits]

Abu Dawud berkata, Imam Ahmad bin Hanbal dan Muhammad bin Yahya meriwayatkan kepada kami dari Abu al Mughirah, dari Shafwan (ia adalah Ibnu Amru), dari Azhar bin Abdullah al Harari. Imam Ahmad juga berkata dari Abu Amir al Hauzani, dari Mu’awiyah bin Abu Sufyan, sesungguhnya ia berdiri dan berkata: Bukankah Rasulullah shallallahu’alaihi wasallam telah berdiri di tengah-tengah kita dan bersabda :

“Ingatlah, bahwa Ahli Kitab (orang-orang sebelum kalian) telah terpecah menjadi tujuh puluh dua kelompok. Dan sesungguhnya umat ini akan terpecah menjadi tujuh puluh tiga, dimana tujuh puluh dua kelompok berada di neraka dan satu kelompok sisanya berada di surga. Dan satu kelompok dimaksud adalah jama’ah.”

Abu Dawud hanya sendirian dan sanadnya bagus.

Dalam Mustadrak miliknya, al Hakim menyebutkan, bahwa para sahabat bertanya kepada Rasulullah shallallahu’alaihi wasallam mengenai kelompok yang selamat. Beliau menjawab :

“Orang-orang yang berada di atas jalan, dimana aku dan para sahabatku berjalan di atasnya.”

Telah disebutkan pada hadits Hudzaifah, bahwa orang-orang yang selamat dari ftnah pada saat terjadinya adalah dengan mengikuti jama’ah dan tetap taat pada sang Imam, atau Amirul Mukminin, yakni Khalifah mereka.

Total Views: 1263 ,

Latest News

To Top